Sabtu, 10 Maret 2012

evaluasi ilmu : psikologi pendidikan & fenomena pendidikan (09-03-2012)

1. Pengertian psikologi pendidikan :
 ~ psikologi : ilmu yang mempelajari perilaku dan proses mental
 ~ pendidikan : ruang lingkup belajar mengajar (pengajaran dan pembelajaran )
So, psikologi pendidikan menurut saya, cabang ilmu yang mempelajari perilaku seseorang dalam ruang lingkup pengajaran dan pembelajaran.

2. 3 perintis terkenal :
 ~ william james : mengemukakan bahwa pengajaran harus meningkat dari titik awalnya, tujuan nya untuk memperluas pengetahuan anak. contohnya : kita duduk dikelas 1 SMP akan berbeda ilmu yang di ajarkan dengan anak yang masih duduk di kelas 3 SD, dimana artinya belajar itu akan terus berkembang ,bukan itu-itu saja.

 ~ john dewey : mengemukakan bahwa cara belajar anak harus aktif . anak tidak harus mendapatkan ilmu dari sekolah saja , tetapi bisa anak harus bisa mendapatkan ilmu di luar lingkungan sekolah.

 ~  E.L. Thorndike : mengemukakan tugas pendidikan disekolah adalah menanamkan penalaran kepada anak, teori yang terkenal dari E.L.Thorndike adalah "low of effect".
  • low of effect : perilaku yang menghsilkan hasil positif akan dikuatkan , perilaku yang menghasilkan hasil negatif akan melemah.
3. Psikologi pendidikan dan tekhnologi
 ~ ada 4 pilar PBB di bidang pendidikan :
  • learning to know : mencari tahu 
  • learnign to do : setelah tahu , maka lakukanlah 
  • learning to life together : berikan dampak positif ke lingkungan
  • learning to be : bisa menata masa depan 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar