Kamis, 15 Maret 2012

PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN MEDIA PEMBELAJARAN (materi 2 - 16 maret 2012 )



            Jika kita membahas tentang pendidikan, maka kita juga akan berurusan dengan yang namanya tekhnologi. ya, tekhnologi akan berkaitan erat dengan pendidikan karena tekhnologi merupakan media untuk belajar. ada beberapa media yang bisa kita gunakan dalam pembelajaran, misalnya buku-buku pelajaran, computer,internet,dll. Murid-murid pada zaman sekarang ini tumbuh di dunia yang jauh berbeda dengan masa dahulu, dimana yang mengambil alih media pembelajaran adalah tekhnologi computer dan internet. Didunia yang kini berorientasi tekhnologi, kompetensi orang semakin ditantang dan diperluas dengan cepat (Bitter & pierson,2002; collis 7 sakamoto, 1996 ; Nickerson,2000).

            Media pembelajaran yang bisa kita jadikan wadah ilmu adalah buku-buku pelajaran. Buku pelajaran adalah penunjang para siswa untuk mengumpulkan ilmu dan membantu juga saat mereka mengerjakan tugas. Buku pelajaran yang telah disediakan di sekolah merupakan media belajar yang memudahkan pengajar untuk berinteraksi dengan siswanya. Contohnya , guru akan mudah menjelaskan pelajaran jika murid sudah membaca materi yang sudah ada terangkum dalam buku tersebut. Dengan seperti ini maka akan mempermudah interaksi penyampaian ilmu melalui media buku pelajaran.

            Media selanjutnya yang bisa kita gunakan adalah computer, tekhnologi computer telah tersebar pada sekolah selama beberapa decade. Computer dapat digunakan untuk menyampaikan ilmu kepada murid dalam bentuk video, slide , maupun materi yang di ilustrasikan dengan gambar. Tetapi masalah yang muncul adalah banyak guru yang tidak memiliki pengetahuan memadai dalam menggunakan computer,dan banyak sekolah yang tidak menyediakan workshop atau pelatihan yang dibutuhkan.

            Media selanjutnya adalah internet. Internet adalah inti dari komunikasi melalui computer. System internet berisi ribuan jaringan computer yang terhubung ke seluruh dunia, menyediakan informasi yang tak terhingga yang dapat di akses murid. Kalau di paragraf kedua saya membahas media buku pelajaran , maka dengan internet bisa menjadi lebih dinamis , karena buku pelajaran yang ada bisa terangkum dalam aksesnya internet tersebut. Beberapa bagiann yang terdapat dalam internet adalah :

            1.World wide web (www)

Merupakan system pengambilan informasi hypermedia yang menghubungkan berbagai materi internet, materi ini mencakup teks dan grafis. Penemu website adalah Sir Timothy John ¨Tim¨ Berners-Lee, sedangkan website yang tersambung dengan jaringan, pertamakali muncul pada tahun 1991. Sejarah Web bermula di European Laboratory for Particle Physics atau lebih dikenal dengan sebutan CERN merupakan singkatan dari bahasa prancis,(European Organization for Nuclear Research). CERN merupakan suatu organisasi yang didirikan oleh 18 negara di Eropa lebih tepatnya, di kota Geneva dekat perbatasan Perancis dan Swiss. Dibulan Maret 1989, Maksud dari Tim Berners dan peneliti lainnya dari CERN ketika membuat website adalah untuk mempermudah tukar menukar dan memperbarui informasi kepada sesama peneliti di tempat dia bekerja. Pada tanggal 30 April 1993, CERN (tempat dimana Tim bekerja) menginformasikan bahwa WWW            dapat digunakan secara gratis oleh semua orang.(http://bryan1912.wordpress.com/2010/03/08/sejarah-world-wide-web/)
      2. E-mail
Merupakan singkatan dari electronic mail. E-mail adalah bagian penting lain dari internet. Pesan dapat dikirim dan diterima dari individu atau dari banyak individu sekaligus.

            Internet merupakan alat pembelajaran yang penting dalam proyek kaya tekhnologi yang disebut Cooperative Networked Educational Community of Tomorrow (Co-NECT) (jones,tasmusen,&moffit,1997). Beberapa sekolah Co-NECT melakukan banyak pembelajaran tentang ekspedisi ilmiah dunia seperti proyek Earthwatch’s mystery of the pipe wreck di kepulauan Karibia. Dalam penelitian semacam itu , murid dan guru dapat men-download data dari situs proyek tersebut,melakukan analisis data,berkomunikasi secara elektronik dengan peserta dan staf proyek ( Bolt , Beraneck, & Newman, 1993 ).
Inilah beberapa uraian mengenai psikologi pendidikan dan media pembelajaran nya , terima kasih atas perhatian nya, dan memohon maaf atas kesalah yang telah tercantum di atas. 

Sumber : Santrock, John W. 2010. PSIKOLOGI PENDIDIKAN, Edisi Kedua, Cetakan Ke-3. Jakarta:Kencana




Tidak ada komentar:

Posting Komentar