Lisdiana Sani
Islahati Batubara
Robert Sternberg Jeffrey lahir pada tanggal 8 Desember,
1949 di Newark, New Jersey. Setelah mendapatkan gelar sarjana,
Sternberg kembali ke Yale sebagai profesor psikologi. Dia kemudian menjadi
Dekan Fakultas Seni dan Ilmu Pengetahuan di Tufts University. Saat ini Provost
dan profesor psikologi di Oklahoma State University.
Sternberg pernah menjabat sebagai Presiden Asosiasi Psikologi
Amerika pada tahun 2003 dan telah memenangkan berbagai penghargaan termasuk
Penghargaan Distinguished Scholar dari Asosiasi Nasional untuk Anak Berbakat
pada tahun 1985, James McKeen Cattell Award dari American Psychological Society
pada tahun 1999 dan EL Thorndike Penghargaan untuk Prestasi di Psikologi
Pendidikan dari APA pada tahun 2003.
Menurut Robert Sternberg Jeffrey intelligence (kecerdasan) adalah :
Robert J Sternberg terkenal dengan teori Triarchic nya . berikut ini adalah skema dari teori triarchic :
Teori triarchic kecerdasan terdiri dari tiga subtheories:
(i) componential
subtheory : makna yang menguraikan struktur dan mekanisme yang
mendasari perilaku cerdas. (ii) experiential
subtheory : yang mengusulkan perilaku cerdas ditafsirkan bersama sebuah
pengalaman. (iii) contextual
subtheory : yang menentukan bahwa perilaku cerdas didefinisikan oleh
konteks sosial budaya di mana itu terjadi dan melibatkan adaptasi dengan
lingkungan, pemilihan lingkungan yang lebih baik, dan pembentukan lingkungan.
Menurut Sternberg, penjelasan lengkap dari intelijen
memerlukan interaksi dari ketiga subtheories. Para
subtheory komponen makna menentukan sekumpulan potensi proses mental yang
mendasari perilaku (yaitu, bagaimana perilaku yang dihasilkan) sedangkan
subtheory kontekstual berkaitan intelijen untuk dunia luar dalam hal kecerdasan.
Teori triarchic adalah teori umum dari kecerdasan
manusia. Banyak
penelitian awal Sternberg terfokus pada analogi dan penalaran silogisme. Sternberg
telah menggunakan teori untuk menjelaskan kecerdasan yang luar biasa (berbakat
dan keterbelakangan) pada anak-anak dan juga kritik untuk tes kecerdasan. Kemudia mempelajari topik seperti gaya belajar (Sternberg, 1997)
dan kreativitas (Sternberg, 1999).
Sumber : http://www.instructionaldesign.org/theories/triarchic-theory.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar