Selasa, 05 Juni 2012

PEDAGOGI

Pada hari jumat, 1/juni/2012, kelas pendidikan belajar mengenai pedagogi, tetapi pada saat itu saya tidak masuk. oleh karena itu saya dan ketiga teman saya yaitu lisdiana sani,islahati, dan liandra akan telah berdiskusi dengan taya. jadi yang saya dapat dari diskusi itu adalah , pedagogi itu adalah seni mengajar tingkat anak-anak. tujuan dari pedagogi ini untuk mengoptimalkan perilaku murid dan mengantarkan anak menjadi lebih dewasa. 

kemudian pedagogi itu lebih luas dari psikologi pendidikan, psikologi pendidikan itu termasuk dalam cakupan pedagogi. pedagogi itu mencakup lingkungan sekolah, cara mengajar ,fasilitas sekolah,dll). saya mempunyai pengalaman di bangku SMA, bahwa guru-guru yang masuk ke kelas saya memiliki cara mengajar yang berbeda-beda, ada dengan menyuguhkan tontonan terlebih dahulu, kemudian membahas pelajaran dari film tersebut, ada juga belajar dimulai dari peregangan fisik,karena kata guru saya dahulu, kalau fisik sudah relaks maka akan mudah menerima ilmu, maka dari itu ada guru yang memulai pelajaran dengan menggunakan sistem peregangan tubuh. ada juga guru yang memperhtikan kondisi lingkungan, jadi guru tersebut tidak akan masuk kelas jika kelas masih terasa kotor dan tidak nyaman. pengalaman saya ini menurut saya adalah termasuk kepaada pedagogi. saya melihat penerapan pengajaran yang dilakukan oleh gur terhadap murid-muridnya.

Nah, saya mendapat informasi lain tentang pedagogi,pedagogi berasal dari bahasa Yunani kuno παιδαγωγέω (paidagōgeō ; dari παίς país:anak dan άγω ági: membimbing jadi secara literal berarti “membiming anak”). Di Yunani kuno, kata παιδαγωγός biasanya diterapkan pada budak yang mengawasi pendidikan anak tuannya. Termasuk di dalamnya mengantarnya ke sekolah (διδασκαλείον) atau tempat latihan (γυμνάσιον), mengasuhnya, dan membawakan perbekalannya (seperti alat musiknya). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar