Selasa, 05 Juni 2012

SURVEY ONLINE



Pada mata kuliah psikologi pendidikan, kami mendpatkan tugas untuk membuat survey online. jadi media online yang kami gunakan itu adalah www.kwiksurveys.com . tema yang saya pilih disini adalah benefit jejaring sosial untuk pembelajaran. jadi saya ingin mengetahui apakah ada manfaat yang diberikan jejaring sosial yang ada terhadap pembelajaran , khususnya di dunia pendidikan. jadi survey ini mencakup 50 orang partisipan. berikut adalah nama-nama yang telah menjadi responden :

oktorianta
Tia Nahara Hendrati
Regina Anastasia
Merry Christine Sitorus
Oktavia Rizky Rosayanti Putri
Putri Azura Ulandari
lusia fitri ayu pardede
Novika Susi Lestari
Safrida Liasna Tarigan
dwi kartika harahap
ARIANSYAH
sulistia putri
Dinda Rizvina Nasution
Grace Theresia Sihotang
ajeng diah andhini
Vilya Sutanto
firman
darmayantie syahputri
Liandra Khairunnisa
densi wahyuni
Christyn Elisabeth Siagian
Gustina Handayani Harahap
Cynthia Marilyn Sitompul
Ratri Ps
RIKA DAMAYANTI
Muhammad Habibie Almy
Dina Maharani
Ayu Puspita
raffles pardede
lisdiana sani
Puspa Aryani Tantri
Atika Mentari Nataya Nst
Yohana Chrisela
Melina Siallagan
rizki hasanah
SITI RIZKI KARTIKA
Yap Rima Oktavya Sinaga
Cynthia Marilyn Sitompul
juniati siallagan
friska Pontoria
wahyu habibie
winda rizka
Nurhikmah
Mianty Shanen Efinrose Tambunan
Vera Siregar
Devi Ramadana
Haifa Chairunnisa
clara clearesta
eva brahmana
fania

DATA SURVEY

1. Dengan adanya jejaring sosial (facebook,twitter,youtube,etc) mempermudah saya mengakses informasi pendidikan.
 Yes  52 

 94.55% 
 No  3 

 5.45% 


2. Youtube merupakan jejaring sosial yang paling membantu saya untuk menyalurkan bakat saya.
 Yes  15 

 27.27% 
 No  40 

 72.73% 


 3. Jejaring sosial sama sekali tidak berpengaruh kepada pendidikan.
 Yes  8 

 14.81% 
 No  46 

 85.19% 

4. Anda sangat sering mencari informasi dari jejaring sosial dengan berkomunikasi dengan lingkungan luar daripada mencari informasi dari buku.
 Yes  36 

 64.29% 
 No  20 

 35.71% 


5. Group di facebook sangat berguna bagi saya karena selalu meng-update informasi.
 Yes  53 

 94.64% 
 No  3 

 5.36% 


6. Saya sangat terganggu jika tugas diharuskan menggunakan internet.
 Yes  7 

 12.73% 
 No  48 

 87.27% 


7. Tidak ada manfaat jejaring sosial untuk pendidikan.
 Yes  4 

 7.55% 
 No  49 

 92.45%


Dari data survey yang diperoleh diatas, maka kita bisa simpulkan bahwa menurut partisipan, jejaring sosial bisa memberikan benefit kepada pembelajaran. tidak hanya sebagai media untuk update status,ataupun hanya mengeksplor diri. tetapi juga bermanfaat untuk pengumpulan informasi, untuk membantu pengerjaan tugas. saya akan menyebutkan apa-apa saja yang termasuk dalam jejaring sosial tersebut, diantaranya :

FACEBOOK
TWITTER
MYSPACE
YOUTUBE 

Bisa kita lihat untuk contoh pertanyaan nomor 4, disebutkan bahwa partisipan lebih sering menggunakan jejaring sosial untuk mencari informasi daripada menggunakan media buku. oleh karena itu hassil survey saya ini membuktikan masih ada benefit dari jejaring sosial tersebut terhadap dunia pendidikan ataupun pembelajaran.

TESTIMONI
Saya sangat kagum saat saya mengetahui proses pembuatan survey sederhana ini, dan saya sangat bangga terhadap apa yang telah bisa saya hasilkan walaupun hanya dengan 7 soal. saya yakin ke depannya saya akan lebih sering menggunakan media seperti ini , untuk mempermudahkan saya mengumpulkan data. terima kasih juga atas partisipasi teman-teman semua yang telah meluangkan waktunya untuk mengisi survey saya ini. tanpa kalian survey ini tidak berarti apa-apa , :) thankyou.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar